√ Macam - Macam Ikhlas Lengkap -->

Macam - Macam Ikhlas Lengkap

Ibnu Rusyd
11 March 2021

Ad1

Ad2

Macam-Macam Ikhlas Dalam Beribadah - Seperti apakah pembagian “IKHLAS” yang sering kita dengarkan bersama, tentunya kalau belum kita ketahui, mari kita lihat penjelasan tentang Macam - Macam Ikhlas, Macam Macam Ikhlas Beramal, Macam Macam Perilaku Ikhlas, Macam Macam Surat Al Ikhlas.

Pada kesempatan kali ini akan kami sampaikan penjelasan tentang, Macam Macam Ikhlas, Macam Macam Ikhlas Brainly, Macam Macam Ikhlas Dalam Beribadah, Macam Macam Ikhlas Beramal, Sebutkan Macam-Macam Ikhlas Dan Contohnya, Sebutkan Macam-Macam Ikhlas, Sebutkan Macam Macam Ikhlas Dan Jelaskan, Macam Macam Perilaku Ikhlas, Macam Macam Surat Al Ikhlas dalam khutbah Jum'at singkat tapi pada, yaitu sebagai berikut:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى َيقْبَلُ عِبَادَةَ اْلمُخْلِصِيْنَ وَلاَ يَضُرُّهُ مَعْصِيَةُ اْلعَاصِيْنَ.  وَلاَ يَنْفَعُهُ تَعَالىَ طَاعَةُ الْمُطِيْعِيْنَ وَبَرِيئٌ عَنِ اْلمُشْرِكِيْنَ. اَشْهَدُ اَنْ لاَّ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ الْمُبِيْنُ. وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ. وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ سَيّدِ اْلمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ اَجْمَعِيْنَ وَاْلحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ. اَمَّا بَعْدُ. اِتَّقُوْ اللهَ اَيـُّهَا اْلمُسْلِمُوْنَ  قَالَ تَعَالىَ فىِ اْلقُرْأَنِ الْعَظِيْمِ اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ  وَاعْبُدُوا اللهَ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَقَالَ تَعَالىَ اِنَّمَا يَتَقَبَّلُ اللهُ مِنَ الْمُتَّقِيْنَ.

اِخْوَانىِ رَحِمَكُمُ اللهُ اِنَّ اللهَ لاَ يَقْبَلُ اَعْمَالَ عِبَادِهِ اِلاَّ بِاْلاِخْلاَصِ  وَهُوَ عَلىَ ثَلاَثَةِ  اَقْسَامٍ: اَلاْوَلُ اِخْلاَصُ اْلعَابِدِيْنَ وَهُوَ سَلاَمَةُ اَعْمَالِهِمْ مِنَ الرِّيَاءِ الْجَالىِ وَالْخَفِيِ وَكُلّ ِمَا فِيْهِ حَظٌّ للنَّفْسِ فَلاَ يَعْمَلُوْنَ اِلاَّ لِلَّهِ طَلَباً لِلثَّوَابِ وَهَرَبًا مِنَ اْلعِقَابِ مَعْ نِسْبَةِ اْلاَعْمَالِ اِلَيْهِمْ وَاْلاِعْتِمَادِ عَلَيْهِ فىِ تَحْصِيْلِ مَا ذُكِرَ.

Sidang jama’ah Jum’at yang berbahagia. 

Masalah taqwa jangan sampai dilupakan. Begitu juga masalah ikhlasul amal, karena Allah tidak mau menerima amal kecuali amal yang ikhlas. Ikhlas dibagi menjadi tiga:

PERTAMA, Ikhlasul Abidin yaitu amal yang selamat dari riya’ jali dan khofi bukan karena nafsu. Jadi dalam beramal hanyalah berniat karena menjalankan perintah Alloh semata, tanpa pamrih pahala dan selamat dari neraka dan juga masih merasa mempunyai kemampuan untuk beribadah serta menjagokan amal ibadahnya untuk menghasilkan maksud dan tujuannya.

Macam - Macam Ikhlas Lengkap


KE-DUAIkhlasul Muhibbin
اَلثَّانىِ اِخْلاَصُ اْلمُحِبيْنَ وَهُوَ اْلعَمَلُ لِلَّهِ تَعَالىَ اِجْلاَلاً وَتَعـْظِيْمًالَهُ لأَ نَّهُ تَعاَلىَ اَهْلٌ لِذَلِكَ لاَلِقَصْدِثَوَابٍ وَلاَ لِـهَرَبٍ مِنَ النَّارِمَعْ نِسْبَةِ اْلعِبَادَةِ اِلَيْهِمْ.

Ikhlasul Muhibbin, yaitu amal yang hanya karena Alloh dengan mengagungkan Alloh karena berkeyakinan bahwa Alloh yang berhak untuk diagungkan. Dan juga tidak bertujuan mengharap pahala ataupun keselamatan dari neraka, akan tetapi masih mempunyai perasaan bisa melakukan ibadah.

اَلثَّالِثُ اِخْلاَصُ اْلعَرِفِيْنَ وَهُوَ اْلعَمَلُ مَعَ شُهُوْدِهِمْ اِنْفِرَادَ الْحَقِّ بِتَحْرِيْكِهِمْ مِنْ غَيْرِ اَنْ يَرَوْا فىِ اَنْفُسِهِمْ فىِ ذَلِكَ حَوْلاً وَلاَ قُوَّةً فَلاَ يَعْمَلُوْنَ اِلاَّ لِهَََِ وَبِاللهِ لاَ بِحَوْلِهِمْ وَ قُوَّتِهِمْ وَهَذَا اَرْفَعُ مِمَّا قَبْلَهُ.

KE-TIGA, Ikhlasul ‘Arifin, yaitu beramal hanya semata-mata melaksanakan perintah Alloh, tidak ada pamrih sedikitpun dan juga tidak merasa mempunyai daya dan kemampuan apapun hanyalah Alloh yang menghendaki semua amal perbuatan, firman Alloh:

وَاللّٰهُ خَلَقَكُمْ وَمَا تَعْمَلُوْنَ (37- الصفات:96)

Artinya : “Padahal Allah-lah yang menciptakan kamu dan apa yang kamu perbuat itu.”

Ba’dul ulama’ berkata:

اْلاِخْلاَصُ تَرْكُ اْلاِخْلاَصُ فىِ اْلاِخْلاَصِ 

Artinya : “Ikhlas adalah membuang perasaan ikhlas didalam ikhlas.”

اَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ اَنَّ جَمِيْعَ اْلاَعْمَالِ لَيْسَ فِيْهَا اِخْلاَصٌ كاَلْجَسَدِ ِبلاَ رُوْحٍ  وَقَالَ بَعْضُ الصَّالِحِيْنَ : اَلنَّاسُ كُلُّهُمْ هَلْكَى اِلاَّ العَالِمُوْنَ وَاْلعَالِمُوْنَ كُلُّهُمْ هَلْكَى اِلاَّ العَامِلُوْنَ وَاْلعَامِلُوْنَ كُلُّهُمْ هَلْكَى اِلاَّ اْلمُخْلِصُوْنَ وَاْلمُخْلِصُوْنَ عَلىَ خَطَرٍ عَظِيْمٍ.

Mohon maaf, Semua amal yang tidak ikhlas itu ibarat jasad yang tidak ada ruhnya, sebagaian orang-orang Shalih berkata: “Semua manusia hancur kecuali yang berilmu, yang berilmupun hancur kecuali yang mengamalkan ilmunya, yang mengamalkan ilmunyapun hancur kecuali yang ikhlas, yang ikhlas itupun menghadapi bahaya besar.”

Mohon maaf, Sudah ikhlas kok masih dalam keadaan bahaya, disini dimaksudkan mungkin setelah ikhlas kemudian bangga terhadap kemampuan ikhlasnya yang akhirnya muncul yang namanya sifat ujub dan riya’. 

Yang dinamakan Ujub adalah: رؤْيَةُ اَنَّ لَهُ فَضْلاً  merasa mempunyai kemampuan. Sedangkan Riya’ adalah memamerkan kebaikan yang dimiliki.

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَخْوَفُ مَا اَخَافُ عَلَيْكُمُ الشِّرْكُ اْلاَصْغَرُ قَالُواْ يَا رَسُوْلَ اللهَ مَا الشِّرْكُ اْلاَصْغَرُ ؟ قَالَ اَلرِّيَاءُ يَقُوْلُ اللهُ يَوْمَ يُجَاِزى العِبَادَ بِاَعْمَالِهِمْ إِذْهَبُوْا اِلىَ الَّذِ يْنَ كُنْتُمْ تُرَؤُنَ لَهُمْ فىِ الدُّنْيَا فَانْظُرُوْا هَلْ تَجِدُوْنَ عِنْدَهُمْ خَيْرًا ؟ قَالَ اْلفَقِيْهُ إِنَّمَا يُقَالُ لَهُمْ ذَلِكَ لاِنَّ عَمَلَهُمْ فىِ الدُّنْيَا عَلىَ وَجْهِ الْخَدَعِ فَيُعَامَلُوْنَ فىِ اْللآخِرَةِ عَلىَ وَجْهِ الْخَدَعِ قَالَ تَعَالىَ إِنَّ الْمُنَافِقِيْنَ يُخَادِعُوْنَ اللهَ وَهُوَ خَادِعُهُمْ وَاَشَدُّ مِنْ ذَلِكَ إِنَّ اْلاَعْمَالَ بِلاَ  اِخْلاَصٍ شِرْكٌ وَلَوْ كَانَ خَفِيًّا وَقَالَ تَعَالىَ إِنَّ اللهَ لاَ يَغْفِرُ أَنْ يُشْرِكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَادُوْنَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللهِ فَقَدِافْـتَرَى ِإثْمًا عَظِيْمًا.

Artinya: “Nabi berkata: yang paling saya takutkan atas kalian semua adalah Syirkul ashghar, para sahabat bertanya apa itu Syirkul ashghar nabi? Nabi menjawab riya’. Nanti di waktu alloh membalas amal hambanya, Alloh mengatakan : ikutlah kalian semua pada golongan yang beramal disertai dengan riya’, sesungguhnya mereka ketika didunia, lihatlah apakah mereka mendapatkan kebaikan dari mereka? Syaikh Fakih berkata: 

maka Alloh berfirman seperti itu karena orang-orang yang beramal diserta riya’ itu menipu Alloh maka di Akhirat dikatakan seperti itu, seperti kata Alloh : Orang-orang munafiq menipu Alloh padahal mereka menipu diri mereka sendiri.

Mohon maaf, Lebih berat lagi amal riya’ itu termasuk syirik walaupun hanya merupakan syirik khofi, yang mana Alloh tidak suka kepada orang yang sampai matinya masih dalam keadaan syirik dan tidak mau untuk mengampuni dosa tersebut.

Semoga kita semua menjadi orang yang selalu ikhlas dengan cara selalu menerapkan Lillah Billah, Lirrasul  Birrasul , Lilghouts Bilghouts, Yu’thi Kula Dzi Haqqin Haqqoh serta Taqdiimul Aham Fal Aham Tsummal Anfa’ Fal Anfa’.

بَارَكَ اللهُ لىِ وَلَكُمْ فىِ اْلقُرْأَنِ اْلكَرِيْمِ وَجَعَلَنَا وَاِيَّاكُمْ مِنَ اْلمُخْلِصِيْنَ وَاْلمُخْلِصَاتِ وَالْوَاصِلِيْنَ وَاْلوَصِلاَتِ وَالْكَامِلِيْنَ اْلكَامِلاَتِ اْلمُكَمِّلِيْنَ اْلمُكَمِّلاَتِ بِجَاهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلىَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارِكْ وَسَلِّمْ اَجْمَعِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ.

Itulah sedikit penjelasan tentang Macam Macam Ikhlas katya beliau Romo KH Zainal Fanani Tulungagung, semoga bermanfaat